Artikel

Pemuda Perindo Mengajak Para Remaja Untuk Berpartisipasi Sebagai Panitia Penyelenggara Pemilu

Cara Ampuh Pemuda Perindo Atasi Golput di Kalangan Remaja

iqnal perindo | Minggu, 21 Januari 2018 - 15:32:14 WIB | dibaca: 292 pembaca

Ketua Umum Pemuda Perindo Effendi Syahputra

JAKARTA – Ketua DPP Pemuda Partai Perindo Effendi Syahputra mengatakan generasi muda memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Pemilu. Namun, disayangkan jika mereka tidak memberikan hak suaranya di Pemilu.

Menurut Effendi agar Pilkada dan Pemilu semakin semarak dan terhindar dari golongan putih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) perlu melibatkan generasi muda dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut. Contohnya dengan mengajak para remaja untuk ikut berpartisipasi sebagai panitia penyelenggara Pemilu.

“Dengan begitu menjadi bukti bahwa Pemilu bisa melibatkan pihak lain yang selama ini kurang dijangkau atau dilibatkan dalam pelaksanaan Pemilu yaitu anak-anak muda,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (19/1/2018).

Effendi mengatakan selain untuk menarik partisipasi pemilih pemula, sosialisasi terkait Pemilu juga bisa menjadi modal bagi generasi muda untuk memahami apa itu Pemilu sehingga mereka tertarik pada dunia politik.

“Sosialisasi terkait Pemilu hal wajib dan harus menjadi bagian dari program kerja KPU dan Bawaslu. Caranya dengan memaksimalkan peran serta para pelajar, mahasiswa, dan organisasi pemuda untuk ikut meningkatkan partisipasi pemilih pemula. Hal ini juga sebagai edukasi politik bagi mereka,” tuturnya.

Effendi menyarankan agar KPU ikut menggandeng ikon muda yang sedang digandrungi remaja saat ini untuk dilibatkan dalam pelaksanaan Pemilu. Ikon muda tersebut bisa dijadikan sarana sosialisasi bagi pemilih pemula di Pemilu untuk meminimalisir angka golput di kalangan generasi muda saat ini.

“Untuk menekan jumlah golput, bisa dengan merekrut publik figur atau atlet olahraga yang terkenal di kalangan muda-mudi dengan mengajak mereka berpartisipasi di Pemilu,” ungkapnya


Video Terkait:










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)